=========================================================

Senin, 23 Juni 2014

Bahas MAN IC Siak, Dir.Penmad Kemenag RI,Ka.Kanwil dan Bupati Siak Gelar Pertemuan

Pekanbaru (Humas) – Membahas perkembangan pembangunan MAN IC yang di bangun di Kab.Siak, Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag RI Prof. DR. Nurcholis Setiawan bersama Ka.Kanwil Kemenag Prov.Riau Drs. H. Tarmizi Tohor MA dan Bupati Siak Drs. Syamsuar M.Si mengadakan pertemuan bersama tentang kelangsungan pembangunan MAN IC Siak yang tahun ini merupakan tahun ke dua pelaksanaan pembangunannya di ruang pertemuan Hotel Jatra, Jl.Sudirman, Pekanbaru Sabtu (21/06).
Dalam pertemuan tersebut Ka.Kanwil sebagai pembawa acara memberikan kesempatan kepada Dir.Pendis memaparkan pemaparannya tentang MAN IC, dalam pemaparannya Dir.Pendis menyampaikan bahwa filosofi pendirian MAN IC pada titik-titik tertentu di negeri ini, termaasuk MAN IC disiak salah satunya adalah sejarah suatu daerah, Siak yang terkenal dengan Kerajaan Siaknya yang notabene kerajaan Melayu yang Islam memiliki masyarakat yang berkulture Islam, pendidikan agama yang berkualitas harus diwujudkan demi mewujudkan cita-cita luhur pendirinya yang menginginkan Islam harus selalu jaya di negeri ini, papar Prof Nurcholis.
Dalam pendirian MAN IC ini, ada 3 komponen yang sudah di tuangkan dalam Juknis khususnya dalam pembiayaan: 1. Pembiayaan pembangunan fisik yang share pembiayaan antara Kemeag dengan Pemda Siak yang mna pada saat ini sedang berjalan. 2. Pembiayaan akademik dan administrasi (proses belajar mengajar) di biayai penuh oleh Kementerian Agama 3. Personal cost, pembiayaan personal peserta didik, kalau sebelumnya pada MAN IC yang 3;MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo dan Jambi biaya pendidikan siswa dibiayai melalui DIPA Kementerian Agama, namun setelah di kaji ulang dan selalu menjadi permasalahan di BAPPENAS maka setelah menjadi 23 MAN IC nanti pembiayaannya bagi yang tidak mampu akan dapat beasiswa dan bagi siswa yang mampu akan ditanggung oleh orangtua/wali siswa.
Adapun mengenai kuota putera yang masuk ke MAN IC tidak dibatasi asal mencapai passing great yang sudah kita standarkan, namun jika mereka lolos seleksi masuk tidak akan di tempatkan di MAN IC Siak saja, mereka akan disebar di seluruh MAN IC yang ada, karena pada awalnya pendirian MAN IC bertujuan untuk membangun wawasan kebangsaan/multi kultural sehingga mereka mengenal budaya Indonesia secara keseluruhan, dan pembiayaan/personal cost bagi anak miskin bisa kita tanggung bersama dan khusus bagi putera daerah Riau yang ingin di tanggung biaya personal costnya oleh Pemda bisa saja di laksanakan, papar Dir.Pendis.
Selanjutnya Bupati Siak menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan kelangsungan MAN IC Siak, bukti keseriusan masyarakat Siak terhadap MAN IC ini Bupati menghadirkan dalam pertemuan tersebut Pejabat Pemda Siak yang terlibat untuk mensukseskan pelaksanaan MAN IC tersebut, nampak hadir Kadis PU Bina Marga dan Cipta Karya Kab.Siak Ir.Irvin Simbolon, Kadis Pendidikan, Ass I dan lainnya, pada tahun ini Pemkab Siak akan membangun jalan akses di lingkungan MAN IC, instalasi listrik, air dan lainnya. Adapun masalah penyerahan Hibah kepada Kementerian Agama akan kita serahkan setelah pembangunan yang kita laksanakan selesai, masalah biaya siswa (personal cost) kalau kuota siswa yang masuk dari Kab.Siak sudah jelas Insya Allah bisa kita anggarkan, jangankan untuk MAN IC ini, terhadap siswa MA yang lain di Siak juga telah kita bantu pembiayaan siswanya, kami sangat berterima kasih kepada pihak Kemenag terutama pak Dir. Pendmad dan Ka.Kanwil Kemenag Riau yang telah menunjuk Siak sebagai salah satu lokasi pembangunan MAN IC di Indonesia dan di Riau, terang Bupati
Selanjutnya Ka.Kanwil mengharapkan kepada Dir.Pendidikan Madrasah agar setelah MAN IC Siak menerima siswa baru, maka status madrasah tersebut sudah langsung negeri tanpa ada menginduk/fillial ke madrasah lain, karena madrasah yang kita bangun ini merupakan madrasah yang berkualitas dan khusus, mudah-mudahan prosesnya tidak ada kendala, dan masalah tekhnis lainnya akan kita atur kemudian, ujar Ka.Kanwil.
Menanggapi hal tersebut, Dir.Penmad akan mengupayakannya dan satu keinginan kita jangan sampai terkesan di masyarakat bahwa masuk MAN IC ini costnya tinggi, siapapun boleh dan bisa masuk MAN IC, baik kaya maupun miskin, pungkas Direktur.
Dalam pertemuan tersebut juga tampak hadir Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Riau Drs.H.Mahyuddin MA beserta 3 orang Kasi.di Bidang Pendmad Ilyas M.Ag, Drs.H.Eka Purba, Drs.elpilinsyah Lubis dan Humas Kanwil.(AZ)

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus