=========================================================

Rabu, 07 Mei 2014

Jelang UN MTs Negeri Sungai Apit Adakan Doa Bersama dan Kegiatan Motivasi

MTs Negeri Sungai Apit mengadakan doa bersama dan kegiatan motivasi menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat bertepatan dengan hari pendidikan nasional 2 Mei 2014, diikuti seluruh siswa kelas IX MTs Negeri Sungai Apit bertempat di Aula MTs N Sungai Apit.

Doa Bersama
Doa bersama seluruh siswa kelas IX diadakan setelah pelaksanaan muhadhoroh, berjalan dengan lancar dan khidmat. Kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan menjelang pelaksanaan ujian nasional ini dipimpin oleh Ustadz Agus Salim, S.Ag Waka Humas dan Keagamaan MTs Negeri Sungai Apit dengan begitu khusuk. Hening suasana pagi ikut menyejukkan hati ratusan peserta acara doa bersama ini. Mengomentari doa bersama ini, Kepala MTs Negeri Sungai Apit, Hermalinda, S.Pd menyambut baik dan memberikan apreseasi yang tinggi kepada panitia penyelenggara kegiatan. Harapan beliau, untuk tahun depan doa bersama agar tetap dilaksanakan dengan melibatkan berbagai stake holder madrasah yang ada.

Kegiatan Motivasi
Menyadari bahwa anak didik adalah individu unik yang memiliki potensi dan proses berkembang dengan berbagai karakteristik dan memerlukan bimbingan melalui proses pendidikan dimana sebagai salah satu komponen dan faktor penting dalam pengajaran, disamping faktor guru, tujuan, dan metode pengajaran, anak didik sesungguhnya telah memiliki pribadi yang kompleks dan special. Keunikan yang mereka miliki mengharuskan guru untuk mengenal murid-muridnya dengan maksud agar dapat membantu pertumbuhan dan perkembangannya secara efektif dan dapat dengan mudah menentukan bahan-bahan apa yang cocok untuk diberikan, menggunakan prosedur mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, serta megadakan diagnosis terhadap kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam teaching learning process. Siswa perlu dibekali dengan dorongan motivasi. Mencermati hal tersebut diatas, untuk menumbuhkan daya kompetensi, kerjasama tim, saling menghargai, dan sikap mensyukuri karunia Ilahi, setelah pelaksanaan doa bersama keluarga besar MTs Negeri Sungai Apit, khusunya kelas IX melaksanakan kegiatan motivasi. Kegiatan yang bertema Menyongsong Mentari, Meraih Mimpi ini dipandu oleh motivator sekolah, Abdullah, S.Pd.

Berbeda dengan doa bersama yang rutin dilaksanakan setiap tahun, kegiatan motivasi ini baru pertama kali dilaksanakan. Berbagai permainan motivasi yang menghibur dan membutuhkan kerjasama tim dilaksanakan. Suasana riang dan akrab menuntun peserta kegiatan motivasi ini kearah yang lebih baik untuk mewujudkan mimpi. Kegiatan ini ditutup dengan acara Menggenggam Matahari  dimana para peserta diajak untuk mensukuri nikmat Tuhan, menghormati dan mencintai orang tua, mencintai ilmu dengan menghargai guru, mudah bergaul, dan cinta lingkungan. Rasa bahagia dan haru membaur menjadi guratan-guratan keyakinan untuk mampu menjadi yang terbaik tampak dari raut muka peserta setelah akhir kegiatan. Berbagai respon positif dilontarkan para peserta. Kiki Aprilianti misalnya, siswa Kelas IX B mengungkapkan bahwa acara ini sangat inspiratif dan menyentuh. Hal senada juga diungkapkan Ema Yusnita dan Andrini (Kelas IX A) dimana acara ini sangat menyenangkan, menyentuh dan penuh haru. Lain lagi kata Hendrianto (Kelas IX C) bahwa percikan api semangat dan rasa optimis membuncah dalam dadanya untuk menghadapi ujian nasional.

Hermalinda, S.Pd, Kepala MTs Negeri Sungai Apit disela-sela kesibukannya menyambut hari pendidikan nasional, menyempatkan dirinya mengikuti program motivasi ini merasa bangga ketika madrasah yang dipimpinnya memiliki guru sekaligus motivator kreatif dan inovatif. Banyak hal-hal baru yang dirasakan siswa dan karena program ini adalah program baru maka perlu diadakan evaluasi tentang keberlanjutannya kegiatan ini untuk tahun depan. Demikian pula koordinator acara Karlina Dewi, S.Pd (Waka Kurikulum) dan Farida, S.Pdi (Waka Kesiswaan) menyatakan bahwa banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh siswa sebagai bekal menghadapi ujian nasional. Tentunya manfaat terbesar adalah ketika siswa menyadari bahwa sikap mensyukuri nikmat Tuhan, menghargai dan menghormati orang tua dan guru, kerjasama dan selalu dalam ikatan persaudaraan, serta mencintai lingkungan adalah wujud dan tujuan dari kegiatan ini.

Harapan besar bagi keluarga besar MTs Negeri Sungai Apit, semoga berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan ini bisa dilanjutkan untuk tahun berikutnya dan memberikan manfaat terbesar bagi seluruh komponen madrasah.

Sungai Apit, 05 Mei 2014
Kontributor Tulisan
Abdullah, S.Guru Bahasa Inggris MTs Negeri Sungai Apit



 

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus